Food Storing [Daya Tahan Makanan di Kulkas]

Banyak yang kurang mengetahui prosedur standar penyimpanan makanan di dalam kulkas. Beberapa teman dan kerabat sering sekali bertanya jangka waktu penyimpanan makanan yang dapat disimpan di kulkas. Dalam tulisan ini saya akan sedikit menginformasikan jangka waktunya.

Sebelum kita membahas berapa lama makanan dapat disimpan, saya akan memberikan informasi standar penyimpanan makanan. Jika anda memiliki makanan atau minuman dalam kemasan (baik kaleng ataupun plastik), yang harus diperhatikan ketika anda ingin menyimpannya ke dalam kulkas adalah pastikan anda membungkus rapat-rapat kemasan tersebut. Dirumah, saya selalu menyimpan Cling Wrap yang saya gunakan untuk membungkus setiap makanan atau bahan makanan yang belum habis. Percayalah, Cling Wrap dan Aluminum Foil adalah stok dasar yang harus ada di dapur anda. Mengapa harus membungkus rapat? Kita semua tahu kalau bakteri, kuman atau virus menggunakan udara sebagai media berpindah tempat. Jika anda sudah menutup rapat kemasan makanan anda maka anda telah melakukan langkah pencegahan pertama terjadinya perkembangbiakan bakteri pada makanan anda. Jadi mulai dari sekarang silakan men-stock Cling Wrap (atau plastik dan karet pasar untuk versi murahnya) di dapur rumah anda.


Langkah kedua dalam pengawetan/penyimpanan makanan adalah dengan memasukkannya ke dalam lemari pendingin. Kita semua tahu kalau freezer berfungsi untuk membekukan es, namun fungsi lainnya juga adalah sebagai media pengawet makanan. Tidak ada salahnya memang menyimpan makanan di chiller bagian bawah kulkas, namun jika anda ingin bahan makanan anda bertahan lebih lama maka freezer adalah penolong anda. Pastikan freezer anda bersuhu dibawah 0 derajat celcius untuk membunuh semua bakteri yang dapat berkembangbiak pada bahan makanan.

Dalam dunia kuliner dikenal istilah Danger Zone pada makanan. Danger Zone makanan adalah zona suhu yang dianggap berbahaya untuk perkembangbiakan bakteri. Dan Danger Zone tersebut adalah pada suhu 4 derajat Celcius hingga 60 derajat Celcius. Pada zona suhu ini bakteri dapat berkembangbiak dengan cepat bahkan dua kali lipat jumlahnya pada 20 menit awal. Zona suhu inilah yang harus diperhatikan jika anda ingin menyimpan makanan. Pastikan suhu kulkas anda dibawah suhu 4 derajat dan suhu panas di kompor anda diatas 60 derajat untuk mematikan si bakteri jahat.

Baiklah, kini saya akan informasikan daya tahan penyimpanan makanan:


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *