Banana Clafoutis (Recipe Sharing)

Bonjour! Kali ini, saya lagi coba bikin salah satu pastry yang asalnya dari perancis (yeah, kiblatnya dunia kuliner) yang namanya Clafoutis (baca: klafuti). Clafoutis ini salah satu menunya Oma Julia Child. Aslinya, si clafoutis ini pakai buah cherry, cuma kalau yang ga suka cherry sih bisa ganti jadi buah apa aja yang rasanya cenderung ke manis atau asam.
I am a Sweet Tooth. I love everything taste sweet. Dari dulu saya lebih pilih makanan atau cemilan yang rasanya manis. Macaron? I’ a fan of it. Caramel popcorn? I can eat alone. Cotton Candy? Absolutely yes! Dan kue dari indonesia yang saya suka adalah cenil, yang taburan gulanya mungkin bisa bikin mama saya melotot.

Punya papa yang ada history penyakit gula, mulai bikin saya mengurangi makan manis. Tapi bukan berarti saya berhenti makan manis. Setiap kali saya bikin pastry, gulanya pasti suka saya kurangi dari takaran asli resep. Mencegah lebih baik daripada mengobati kan.
Pertama kali saya mendengar nama clafoutis ini dari email yang dikirimkan Pantry Magic ke saya. Mereka punya kelas yang salah satu menu makanannya adalah Cherry Clafoutis. Dan karena saya penasaran, saya cari tahu makanan apa itu. Dan dari hasil googling, tekad saya bulat untuk bikin si Hot Dessert ini.
Clafoutis ga susah bikinnya, mungkin lebih mirip dengan adonan puding bakar atau puding roti versi indonesia. Kalau mau dikira-kira sih saya masak makanan ini sekitar satu jam termasuk mise en place. It’s really, really easy. Well yeah, since i hate complicated recipes so i might be in love with this baked dessert. Saya ga terlalu suka sama buah cherry. Dan kebetulan papa saya kemarin bawain sekitar 10 sisir pisang dari kebun di puncak, maka saya pakailah pisang jadi pelengkap dessert ini. Resep ini saya ambil dari blog Dapur Daniar dengan sedikit modifikasi sesuai selera saya. So, here’s the recipe:
Bahan:
100 gr tepung terigu serbaguna
2 butir telur
3 buah pisang ambon
75 gr gula pasir (kalau suka lebih manis bisa pakai 100 gr)
250 ml susu cair
3 sdm heavy cream (whipcream cair)
50 gr margarin leleh
kayu manis bubuk secukupnya untuk taburan (optional)
Cara membuat
1. Panaskan oven suhu 170 derajat
    Siapkan pinggan tahan panas, olesi dengan margarin/minyak/cooking spray
2. Potong 2 pisang dengan ketebalan sedang (kalau saya potongnya miring-miring jd enak dilihat 😀
3. Siapkan mangkuk adonan, ayak tepung terigu kedalamnya, masukkan telur aduk rata dengan whisk sampai adonan halus
4. Tuang susu, krim, gula aduk rata, masukkan mentega cair, aduk rata kembali
5. Tuang adonan kedalam pinggan
6. Masukan pisang ke adonan di dalam pinggan. Atur supaya pisang jangan ada yang tersusun dua
6. Bakar dalam Oven yg sudah dipanaskan dengan suhu 170 derajat sampai matang selama 40 menit
( lakukan tes tusuk, jika tusukan sudah bersih tidak ada adonan yg menempel tandanya matang)
 
Clafoutis ini rasanya manis. Ada beberapa yang menaburkan gula halus diatasnya atau whipped cream, tapi saya lebih suka cinnamon karena warnanya yang kontras dengan warna setelah kue ini matang dan lagi karena saya ga boleh banyak-banyak makan gula. Hahaha…
It’s worth to try, since its so easy to make this one. Walaupun si clafoutis ini dibilang Hot Dessert, tapi dimakan dingin juga oke kok. Apalagi ditambah ice cream diatasnya. Quite tempting, huh? So, Happy Baking!
Regards,
FubuFebi


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *